Sebelum memulai pekerjaan, alangkah baiknya dipersiapkan segala sesuatunya agar tidak menimbulkan masalah. Persiapan ini merupakan bentuk sikap berhati-hati sebelum bertindak dalam pembuatan dokumen, pengaturan dokumen dilakukan sebelum mengolah data agar apa yang ditampilkan pada layar selaras dengan hasil cetaknya.
1. Mengatur Page Setup
Sebelum membuat dokumen sebaiknya atur dulu ukuran dokumen seperti ukuran kertas, batas pinggir kertas dengan dokumen, dan lain sebagainya. Pengaturan ini dimaksudkan agar ketika dokumen dicetak akan sesuai dengan yang ditampilkan pada komputer, tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar sehingga data terpotong.
Pengaturan dokumen sering disebut dengan Page Setup. Pada excel 2007 pengaturan ini terdapat pada menu Page Layout.
a. Memilih Ukuran Kertas
Excel menyediakan beberapa pilihan ukuran kertas. Klik ikon size pada ribbon page setup. Setelah diklik muncul menu pulldown untuk pilihan ukuran kertas. Sorot jenis ukuran kertas kemudian klik untuk memilihnya.
b. Mengatur Posisi Kertas
Posisi kertas ada 2 macam yaitu posisi tegak (vertical) dan posisi mendatar (horizontal). Pilihan posisi kertas ini terdapat pada ikon Orientation ribbon Page Setup. Setelah diklik pilihan posisi akan muncul secara pulldown. Potrait untuk posisi tegak sedangkan Landscape untuk posisi mendatar.
c. Mengatur Batas Kertas
Pengaturan batas kertas disebut dengan margin. Pada pengaturan ini adalah menentukan batas tepi kertas dengan dokumen.
2. Mengatur Kolom dan Baris
Sell adalah perpotongan antara baris dan kolom. Data Excel diletakkan pada sell-sell. Ukuran standar suatu sell adalah lebar 8.43 (64 pixel) dan tinggi 15.00 (20 pixel). Pada praktiknya data yang kita input terkadang lebih besar dari ukuran standar sell. Bagaimana mengatur sell agar sesuai dengan lebar data?
a. Mengatur Lebar Kolom
Untuk mengatur lebar kolom pertama letakkan pointer di antara sell yang akan diperlebar. Maka kursor akan berubah menjadi tanda anak panah kemudian klik, tahan dan geser mouse ke arah kanan untuk melebarkan kolom.
b. Mengatur Tinggi Baris
Untuk mengatur tinggi baris excel caranya sama dengan melebarkan kolom yaitu dengan meletakkan kursor di antara baris hingga berbentuk anak panah kemudian drop and drag ke bawah.
c. Menggabungkan Baris atau Kolom
Ketika membuat data tabel kita ada kalanya kita menggabungkan beberapa sell menjadi satu seperti tabel di bawah ini. Perhatikan tabelnya
Sel No, Nama dan TTL adalah penggabungan dari dua baris sell sedangkan sell Jenis kelamin merupakan penggabungan dari dua kolom.
Untuk menggabungkan dua baris/kolom caranya yaitu seleksi baris/kolom yang akan digabungkan. Baris atau sell ini dapat lebih dari dua. Setelah sell terseleksi kemudian klik ikon Marge and Center yang terdapat pada ribbon Alignment menu Home.
B. Input Data Microsoft Excel 2007
Memasukkan data di sell lembar kerja dilakukan dengan mengaktifkan sell kemudian mengetikkan data diakhiri dengan menekan Tab atau Enter. Tombol Tab digunakan untuk memindahkan sel yang aktif ke kolom berikutnya pada baris yang sama. Tombol enter digunakan untuk memindahkan sell aktif ke baris berikutnya pada kolom yang sama.
Diperlukan keahlian dalam memasukkan data agar proses pemasukkan data-data dapat dilakukan secara efisien dan akurat. Ada 4 jenis data pada :
1. Data Angka
Memasukkan data angka dilakukan dengan cara mengetik angka dari bilangan tersebut.
Dalam keseharian kita menggunakan tanda titik(.) Untuk memisahkan satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya serta menggunakan tanda koma(,) untuk memisahkan pecahan desimal. Dalam Excel tanda tersebut berkebalikan. Excel menggunakan tanda koma(,) untuk memisahkan satuan, puluhan, ratusan dan seterusnya sedangkan tanda titik(.) untuk memisahkan pecahan desimal.
Untuk menambahkan tanda pemisah bilangan pada sel yang telah terisi data caranya :
a). Aktifkan sell
b). Klik opsi pada ribbon Number menu Home
c). Klik tab Number
Pada kotak Category pilih Number. Isi nol (0) pada Decimal place. Beri tanda centang dengan klik kota use 1000 Separator(,).
2. Data Teks
Memasukkan data berupa teks dilakukan dengan mengetik huruf-huruf dari teks tersebut.
3. Data Tanggal dan Waktu
4. Data Berurutan
5. Formula dan Fungsi
6. Data
7. Review
8. View
Mengenal Microsoft Excel 2007
Kita harus senantiasa bersyukur karena hidup di zaman yang serba modern. Telah banyak
inovasi-inovasi dari
pendahulu yang memudahkan kehidupan kita sekarang. Selayaknya kita juga harus
berterima kasih untuk dedikasi mereka terhadap ilmu pengetahuan dan terciptanya
alat-alat canggih sehingga kita dapat bekerja lebih praktis.
Salah satu inovasi yang diciptakan untuk kemudahan kita adalah komputer. Komputer tercipta sebagai penyelesaian masalah perhitungan. Kini komputer telah dilengkapi software-software yang semakin memudahkan kita dalam mengolah data angka yang selalu menjadi masalah bagi sebagian masyarakat.
Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolahan angka (spread sheet) yang disebut sebagai buku kerja (workbook) elektronik. Workbook ini terdiri atas kolom dan baris. Workbook dalam Microsoft Excel secara default terdiri atas 3 lembar kerja (sheet). Berikut ini beberapa istilah penting yang harus diketahui terlebih dahulu.
• Cell : perpotongan kolom dan baris
• Range : gabungan beberapa sell
• Column : kolom lembar kerja Excel
• Row : baris dari lembar kerja Excel
Salah satu inovasi yang diciptakan untuk kemudahan kita adalah komputer. Komputer tercipta sebagai penyelesaian masalah perhitungan. Kini komputer telah dilengkapi software-software yang semakin memudahkan kita dalam mengolah data angka yang selalu menjadi masalah bagi sebagian masyarakat.
Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolahan angka (spread sheet) yang disebut sebagai buku kerja (workbook) elektronik. Workbook ini terdiri atas kolom dan baris. Workbook dalam Microsoft Excel secara default terdiri atas 3 lembar kerja (sheet). Berikut ini beberapa istilah penting yang harus diketahui terlebih dahulu.
• Cell : perpotongan kolom dan baris
• Range : gabungan beberapa sell
• Column : kolom lembar kerja Excel
• Row : baris dari lembar kerja Excel
1.
Fitur Baru Ms Excel 2007
Excel 2007 hadir dengan tambahan
berbagai fasilitas sehingga lebih sempurna dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Fitur baru tersebut antara lain adalah desain jendela (interface) Excel, jumlah
baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah.
Office themes dan Excel styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih
canggih, tampilan grafik yang variatif, pivot table lebih mudah digunakan dan
sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini.
a. Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom.
b. Baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
c. Pada excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 milliar.
d. Memori yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 Megabyte.
e. Jumlah warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4,3 miliar, sebelumnya hanya 56.
f. Junlah kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
g. Jumlah level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingkan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
h. Jumlah daftar pada menu drop-down dalam fasilitas filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya 1.000.
i. Maksimal jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.
j. Jumlah maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen, sebelumnya hanya 30 argumen.
k. Maksimal jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 miliar, sebelumnya hanya 64.000.
l. Jumlah baris yang diperbolehkan di dalam sebuah pivot table, saat ini mencapai 1 juta baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
m. Jumlah kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya 255 kolom.
n. Jumlah field pada pivot table dapat mencapi 16.000 sebelumnya hanya 255.
a. Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom.
b. Baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
c. Pada excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 milliar.
d. Memori yang digunakan di dalam komputer, saat ini dapat sampai batas maksimal yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 Megabyte.
e. Jumlah warna unik dalam sebuah workbook dapat mencapai 4,3 miliar, sebelumnya hanya 56.
f. Junlah kondisi pada fasilitas format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.
g. Jumlah level pada fasilitas Sort atau pengurutan data, saat ini sampai 64 level, bandingkan dengan versi sebelumnya yang hanya 3 level.
h. Jumlah daftar pada menu drop-down dalam fasilitas filter bisa mencapai 10.000, sebelumnya hanya 1.000.
i. Maksimal jumlah karakter dalam sebuah formula diperbolehkan sampai 8.000, sebelumnya hanya 1.000 karakter.
j. Jumlah maksimal argumen pada fungsi, versi terbaru ini membolehkan sampai 255 argumen, sebelumnya hanya 30 argumen.
k. Maksimal jumlah item yang dihasilkan dari perintah Find, kini mencapai 2 miliar, sebelumnya hanya 64.000.
l. Jumlah baris yang diperbolehkan di dalam sebuah pivot table, saat ini mencapai 1 juta baris lebih, sebelumnya hanya 64.000.
m. Jumlah kolom yang tersedia pada versi baru ini adalah 16.000 kolom, sebelumnya hanya 255 kolom.
n. Jumlah field pada pivot table dapat mencapi 16.000 sebelumnya hanya 255.
Jumlah baris dan kolom MS. Excel 2003 – 2013
·
MS. Excel 2003 : 65.536 baris dan 256 kolom
·
MS. Excel 2007 : 1.048.576 baris dan 16.384 kolom
·
MS. Excel 2010 : 1.048.576 baris dan 1.048.576 kolom
MS. Excel 2013 : 1.048.576 baris dan 16.384 kolom2. Memulai Ms Excel 2007
Untuk memulai Ms Excel 2007 langkah-langkahnya sebagai berikut.
a. Klik tombol Start
b. All program
c. Microsoft Office
d. Microsoft Office Excel 2007
3. Jendela Ms Excel 2007
Setelah program Ms Excel terbuka maka akan muncul jendela program Ms Excel seperti di bawah ini.
Keterangan :
a. Title bar
b. Quick Access Toolbar, berisi ikon-ikon yang sangat sering digunakan, dapat diatur sesuai kebutuhan.
c. Office button, berisi menu-menu seperti yang terdapat pada menu File pada Microsoft Excel 2003.
d. Tabs, pengembangan dari menu pull down.
e. Groups, keloimpok ikon-ikon yang memiliki fungsi sama.
f. Formula bar.
g. Name box/address box.
h. Kolom, jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 adalah 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD.
i. Baris, baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 Dan berakhir di baris 1.048.576.
j. Sel
k. Cell pointer
l. Scroll bar
m. Sheet tabs
n. Navigations sheet buttons
o. View toolbar, berisi ikon-ikon yang mewakili menu view.
B.
Menu dan Ikon Microsoft Excel 2007
Seperti telah dijelaskan di depan bahwa tampilan menu dan ikon pada Ms Excel 2007 berbeda dengan versi sebelumnya. Menu dan ikon pada Ms Excel 2007 dikelompokkan dalam tab-tab ribbon.
Seperti telah dijelaskan di depan bahwa tampilan menu dan ikon pada Ms Excel 2007 berbeda dengan versi sebelumnya. Menu dan ikon pada Ms Excel 2007 dikelompokkan dalam tab-tab ribbon.
Pada intinya
fungsi dan kegunaan dari ikon-ikon yang ada sama dengan ikon pada versi-versi
sebelumnya. Menu dan ikon Ms excel 2007 antara lain :
1. Office Button
Office
button adalah pengganti menu File yang biasanya terdapat pada Microsoft Word
versi sebelumnya.
Office
Button berisi ikon-ikon sebagai berikut :
Nama
|
Fungsi
|
New
|
New adalah
pilihan untuk membuat dokumen baru.
|
Open
|
Open
adalah pilihan untuk membuka kembali dokumen yang telah disimpan.
|
Save
|
Save
adalah pilihan untuk menyimpan dokumen yang telah disimpan setelah diubah.
|
Save As
|
Save As
adalah pilihan untuk menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama
yang berbeda.
|
Print
|
Print
adalah pilihan untuk mencetak dokumen.
|
Prepare
|
Prepare
adalah pilihan untuk persiapan publikasi dokumen.
|
Send
|
Send
adalah pilihan mengirimkan dokumen melalui e-mail atau internet Faximile.
|
Publish
|
Publish
adalah pilihan untuk mengunggah dokumen ke internet melalui blog atau dokumen
managemen server.
|
Close
|
Close
adalah pilihan untuk menutup lembar kerja.
|
2.
Menu Home
Menu Home
berisi operasi standar pada pengolahan data Ms Excel, seperti menyalin data,
mengatur huruf, perataan teks, dan lain sebagainya. Ribbon yang terdapat pada menu
Home adalah :
a. Clipboard
Nama
|
Fungsi
|
Paste
|
Menampilkan
data hasil Cut atau Copy
|
Cut
|
Memindahkan
data dengan cara dipotong
|
Copy
|
Menyalin
data
|
Format
Pointer
|
Menyalin
format data dan mengaplikasikan pada data yang lain.
|
b. Font
Nama
|
Fungsi
|
Font
|
Mengatur
pilihan jenis huruf
|
Font size
|
Mengatur
pilihan ukuran huruf
|
Bold
|
Membuat
cetakan huruf tebal
|
Italic
|
Membuat
cetakan huruf miring
|
Underline
|
Membuat
cetakan huruf garis bawah
|
Increase
Font size
|
Menambah
ukuran huruf
|
Decrease
Font size
|
Mengurangi
ukuran huruf
|
Border
|
Menambah
bingkai pada tabel
|
Fill color
|
Memberi
warna pada tabel
|
Font color
|
Memberi
warna pada huruf
|
c. Alignment
Nama
|
Fungsi
|
Top Align
|
Mengatur
posisi teks berada di atas
|
Middle
Align
|
Mengatur
posisi teks berada di tengah
|
Button
Align
|
Mengatur
posisi teks berada di bawah
|
Orientation
|
Mengatur
posisi teks dengan posisi menurun atau miring.
|
Align Text
Left
|
Mengatur
paragraf rata kiri
|
Align Text
Center
|
Mengatur
paragraf rata tengah
|
Align Text
Right
|
Mengatur
paragraf rata kanan
|
Decrease
Indent
|
Mengatur
teks menjorok keluar
|
Increase
Indent
|
Mengatur
teks menjorok ke dalam
|
Wrap Text
|
Menampilkan
data dalam satu sell dengan tampilan beberapa baris
|
Merge
& Center
|
Menggabungkan
dua sell atau lebih
|
d. Number
Nama
|
Fungsi
|
Number
format
|
Mengatur
format angka
|
Accounting
number format
|
Mengatur
format angka dalam laporan keuangan
|
Percent
style
|
Menambah
simbol persen (%)
|
Comma
style
|
Menambah
simbol koma (,)
|
Increase
decimal
|
Menampilkan
desimal secara lebih sederhana
|
Decrease
decimal
|
Menambah
angka desimal
|
e. Styles
Nama
|
Fungsi
|
Conditional
formatting
|
Mengatur
format dengan kondisi tertentu
|
Format as
table
|
Mengatur
format tabel
|
Cell style
|
Mengatur
style cell
|
f. Cells
Nama
|
Fungsi
|
Insert
|
Menambah
sell
|
Delete
|
Menghapus
sell
|
Format
|
Mengatur
sell
|
g. Editing
Nama
|
Fungsi
|
Sum
|
Bantuan
penggunaan fungsi Excel
|
Fill
|
Meneruskan
pola urutan angka
|
Clear
|
Menghapus
segala sesuatu yang ada di dalam sell terpilih
|
Sort &
filter
|
Mengatur
data sehingga lebih mudah untuk menganalisis
|
Find &
select
|
Mencari
dan memilih teks tertentu, format atau jenis informasi dalam workbook.
|
3.
Insert
a. Tables
Nama
|
Fungsi
|
Pivot
Table
|
Meringkas
data menggunakan Tabel Pivot atau untuk menyisipkan Chart Pivot.
|
Table
|
Untuk
membuat tabel.
|
b.Ilustrations
Nama
|
Fungsi
|
Picture
|
Menyisipkan
gambar.
|
Clip Art
|
Menyisipkan
gambar Clip Art.
|
Shapes
|
Menyisipkan
bentuk-bentuk dasar.
|
SmartArt
|
Menyisipkan
grafik SmartArt.
|
c. Charts
Nama
|
Fungsi
|
Column
|
Menyisipkan
grafik batang.
|
Line
|
Menyisipkan
grafik garis.
|
Pie
|
Menyisipkan
grafik pie.
|
Bar
|
Menyisipkan
grafik dalam bentuk mendatar.
|
Area
|
Menyisipkan
grafik area.
|
Scatter
|
Menyisipkan
grafik scatter (menyebar).
|
Other
Charts
|
Pilihan
grafik yang lain.
|
d. Links
e.Text
Nama
|
Fungsi
|
Text Box
|
Menambah
text box (kotak teks).
|
Header
& Footer
|
Menambah
header dan footer dokumen.
|
Word Art
|
Menambah
tulisan artistik WordArt.
|
Signature
Line
|
Menambah
garis tanda tangan.
|
Object
|
Menambah
objek Microsoft Office.
|
Symbol
|
Menambah
simbol-simbol.
|
4.
Page Layout
a. Themes
Nama
|
Fungsi
|
Themes
|
Mengatur
tema dokumen.
|
Color
|
Mengatur
warna pada tema.
|
Font
|
Mengatur
huruf pada tema.
|
Effect
|
Mengubah
efek untuk tema.
|
b. Page
Setup
Nama
|
Fungsi
|
Margin
|
Mengatur
batas tepi dokumen.
|
Orientation
|
Mengatur posisi
dokumen.
|
Size
|
Mengatur
pilihan ukuran dokumen.
|
Print Area
|
Menentukan
lokasi yang akan dicetak.
|
Breaks
|
Memberi
jarak dokumen.
|
Background
|
Mengatur
latar dokumen.
|
Print
Tiles
|
Menentukan
baris dan kolom untuk diulang setiap mencetak.
|
c. Scale to Fit
Nama
|
Fungsi
|
Width
|
Menentukan
lebar dokumen ketika dicetak.
|
Heigth
|
Menentukan
panjang dokumen ketika dicetak.
|
Scale
|
Menentukan
skala dokumen ketika dicetak dengan file Excel.
|
d. Sheet
Options
Nama
|
Fungsi
|
Gridlines
|
Mengatur
garis grid nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.
|
Heading
|
Mengatur
heading nampak/tidak nampak pada dokumen Excel maupun ketika dicetak.
|
e. Arrange
5.
Formula
a. Function
Library
b. Defined
Names
c. Formula
Auditing
d.
Calculation
6.
Data
a. Get External
Data
b.
Connections
c. Sort
& Filter
d. Data
Tools
e. Outline
7.
Review
a. Proofing
b. Comments
c. Changes
8.
View
a. Workbook
Views
b. Show/Hide
c. Zoom
d. Window
Tidak ada komentar:
Posting Komentar